HINDARI SHARING 5 BENDA INI DENGAN ORANG LAIN, DEMI MEMINIMALISIR RISIKO PENULARAN PENYAKIT!


Apakah Beauties sering bertukar pinjam peralatan pribadi, seperti pakaian atau alat make up dengan teman kamu? Eits, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut ya!


Pasalnya, bertukar pinjam peralatan pribadi berisiko menularkan penyakit loh, misalnya infeksi bakteri, jamur, atau bahkan virus COVID-19. 


Hal ini dikarenakan barang yang kamu pinjam atau pinjamkan bisa menjadi media tempat berpindahnya berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.


Oleh karena itu, berikut ini barang-barang yang tidak disarankan untuk tidak meminjamkan atau menggunakan bersama-sama dengan orang lain:


1. Pakaian

Jika pakaian tidak dicuci dengan benar, kuman bisa menyebar ke pakaian lain. Untuk itu, penting untuk mengganti pakaian setiap hari dan tidak meminjamkannya ke orang lain, terutama pakaian dalam atau baju olahraga.


2. Handuk

Handuk juga dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman jika digunakan lebih dari satu orang, apalagi jika salah satu penggunanya memiliki infeksi jamur di kulit. Untuk mencegahnya, kamu bisa membawa handuk sendiri setiap bepergian dan berolahraga.


3. Sikat gigi

Sikat gigi yang digunakan oleh lebih dari satu orang juga berisiko meningkatkan penularan penyakit akibat infeksi virus, seperti HIV, hepatitis.


4. Alat makeup

Ternyata penggunaan alat make up secara bergantian juga dapat menimbulkan infeksi loh. Makeup mata seperti eyeliner, mascara, atau bulu mata yang dipakai bergantian orang lain dapat memicu infeksi mata seperti konjungtivitis.


 Selain itu, meminjamkan atau menggunakan lipgloss atau lipstik dengan orang lain dapat meningkatkan risiko penularan penyakit herpes.


5. Earphone 

Pemakaian earphone yang tidak bersih atau sering digunakan bergantian dapat menyebabkan infeksi pada saluran telinga, sehingga memicu gangguan pendengaran.


Oleh karena itu, hindari meminjam atau menggunakan makeup milik orang lain ya. Jika sudah terlanjur meminjamkan barang pribadi kepada teman, segera cuci bersih benda tersebut agar kuman, bakteri, dan virus yang menempel di benda tersebut terbasmi.